Analisis Perjanjian Pertanggungan Risiko Pada PT.J&T Dengan Perusahaan Asuransi Untuk Pengiriman Barang Konsumen Dalam Perspektif Akad Kafalah

Jarmanisa, 180102030 (2023) Analisis Perjanjian Pertanggungan Risiko Pada PT.J&T Dengan Perusahaan Asuransi Untuk Pengiriman Barang Konsumen Dalam Perspektif Akad Kafalah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Analisis Perjanjian Pertanggungan Risiko Pada PT.J&T Dengan Perusahaan Asuransi Untuk Pengiriman Barang Konsumen Dalam Perspektif Akad Kafalah] Text (Analisis Perjanjian Pertanggungan Risiko Pada PT.J&T Dengan Perusahaan Asuransi Untuk Pengiriman Barang Konsumen Dalam Perspektif Akad Kafalah)
Jarmanisa, 180102030, FSH, HES, 083819672249.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Perjanjian pertanggungan risiko oleh PT. JNT telah di atur dalam Standar Operating Procedure yang sudah memiliki ketentuan dan pertanggungjawaban terhadap kerugian pengiriman barang konsumen. Tanggung jawab ganti rugi dapat diberikan dengan cara jaminan yang diserahkan kepada pengguna jasa pengangkutan berupa jaminan materiil dan imateriil. Pertanggungan risiko yang diberikan oleh PT. JNT terhadap konsumen dapat berupa ganti rugi dengan hitungan yang berbeda-beda, dilihat dari barang yang diasuransikan. Barang yang diganti rugi dapat berupa keterlambatan, kerusakan, atau kehilangan. Berdasarkan fakta tersebut yang, maka yang menjadi permasalahan di skripsi ini adalah: Bagaimana perjanjian pertanggungan risiko yang dilakukan oleh PT. JNT dengan perusahaan asuransi untuk memproteksi barang kiriman konsumen? Bagaimana pemenuhan klausula perjanjian yang telah disepakati dalam proses klaim yang dilakukan oleh pihak PT. JNT? serta Bagaimana perspektif akad kafalah terhadap perjanjian pertanggungan risiko pada PT. JNT dengan perusahaan asuransi dalam pengiriman konsumen?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan penelitian yuridis empiris dan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam hal ini diperoleh dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem perlindungan konsumen yang diterapkan oleh PT. JNT terkadang tidak sesuai dengan perjanjian dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999. pemenuhan perjanjian klausula yang telah disepakati dalam proses pengiriman barang dilihat dari tanggung jawab pelaku usaha dalam ganti rugi pada barang jika terjadi kerusakan, kehilangan atau keterlambatan. Pertanggungan risiko terhadap keselamatan barang sesuai dengan tinjauan konsep kafalah dalam fiqh muamalah di mana pertanggungan pada keselamatan barang bertumpu pada konsep tolong-menolong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Jarmanisa Jarmanisa
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:09
Last Modified: 23 Feb 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27061

Actions (login required)

View Item
View Item