Pengaruh Metode Read Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Aksara Awal Anak Di TK IT Mina

Maisuri Almanda, 170210076 (2023) Pengaruh Metode Read Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Aksara Awal Anak Di TK IT Mina. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang metode read aloud] Text (Membahas tentang metode read aloud)
Maisuri almanda, 170210076, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Aksara awal anak adalah salah satu proses atau tahapan untuk melatih anak dalam
membaca dan memahami satu persatu huruf serta bunyinya. Kemampuan aksara
awal pada anak usia 4-5 tahun merupakan tahap-tahap awal pada anak untuk
menunjukkan kemampuan berbicara, mengenal huruf abjad dan menyebutkan
huruf abjad. Kemampuan aksara awal anak kelompok A di TK IT MINA masih
ada anak yang belum mampu mengenal huruf dan belum mampu menyebutkan
simbol, dan bunyi huruf dengan benar. Kemampuan aksara awal pada anak usia
dini sangat penting untuk dikembangkan oleh karena itu, dalam penelitian ini
digunakan metode read aloud untuk meningkatkan kemampuan aksara awal pada
anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Read Aloud
dalam meningkatkan Aksara Awal Anak di TK IT MINA. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen menggunakan Quasi Eksperimental Desain dalam
bentuk Prettest-Posttest Control Group Desain. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi cheklis untuk melihat
pengaruh metode read aloud terhadap peningkatkan aksara awal anak. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode read aloud dapat meningkatkan
kemampuan aksara awal anak dengan data awal di kelas eksperimen yaitu 37,85
dengan kriteria nilai mulai berkembang (MB), kemudian setelah dilakukan
perlakuan menjadi 58,57 dalam kriteria nilai berkembang sesuai harapan (BSH).
Berdasarkan dengan hasil dari uji-t sampel independen pada bagian kesamaan
dua rata-rata kemampuan aksara awal pada kelas eksperimen dan kelas control di
ketahui nilai signifikan yaitu 0.004  0.05, maka H0 ditolak dan dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh metode Read Aloud terhadap peningkatan kemampuan
aksara awal anak di TK IT MINA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Maisuri Almanda
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:06
Last Modified: 24 Feb 2023 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27068

Actions (login required)

View Item
View Item