Pelaksanaan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Melanjutkan Perguruan Tinggi Dengan Teknik Modelling di SMA Negeri 1 Jaya

Nurul Qadri, 180213084 (2023) Pelaksanaan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Melanjutkan Perguruan Tinggi Dengan Teknik Modelling di SMA Negeri 1 Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pelaksanaan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Melanjutkan Perguruan Tinggi Dengan Teknik Modelling di SMA Negeri 1 Jaya] Text (Pelaksanaan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Melanjutkan Perguruan Tinggi Dengan Teknik Modelling di SMA Negeri 1 Jaya)
Nurul Qadri, 180213084, FTK, BK, 081397568176.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Motivasi dimaknai sebagai dorongan seseorang dalam memenuhi kebutuhannya, pemberian motivasi sangat berpengaruh dalam keberhasilan belajar siswa. Sehingga siswa harus dibekali dengan sejumlah informasi karir yang akan dipihnya, Seiring perkembangan zaman, peran pendidikan di perguruan tinggi sangatlah penting dalam melahirkan generasi muda yang berkarakter dan berdaya saing tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan bimbingan karir dengan teknik modelling efektif meningkatkan motivasi siswa melanjutkan perguruan tinggi, jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen mengunakan desain one grup pre-test post-test design. Data pada penelitian ini dikumpulkan mengunakan instrumen kuesioner. Data dianalisis dengan mengunakan rumus uji t paired sample test dengan bantuan aplikasi SPSS seri 16.00, peneliti juga melakukan uji N-gain guna mengetahui peningkatan yang terjadi pada pretest dan posttest dari proses layanan yang diberikan. Sampel yang digunakan sebanya 20 siswa, dengan pemilihan sampel mengunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatmen). Sehinga dengan pelaksanaan bimbingan karir mengunakan teknik modelling efektif dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nurul Qadri
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:55
Last Modified: 23 Feb 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27073

Actions (login required)

View Item
View Item