Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Dengan Menggunakan LKPD Berbasis Predict, Observe, Explain

Nurmailis, 170205010 (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Dengan Menggunakan LKPD Berbasis Predict, Observe, Explain. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Dengan Menggunakan LKPD Berbasis Predict, Observe, Explain] Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Dengan Menggunakan LKPD Berbasis Predict, Observe, Explain)
Nurmailis, 170205010, FTK, PMA, 085270196290.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Kondisi pembelajaran yang didominasi oleh guru, dimana guru menjelaskan materi dan siswa hanya mendengar penjelasan tanpa terlibat aktif. Salah satu model yang dapat diterapkan dalam pembelajaran yang membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas adalah model Kooperatif dengan menggunakan LKPD berbasis predict, observe, explain. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model Kooperatif dengan menggunakan LKPD berbasis predict, observe, explain. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi Eksperimental Design dan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T Sampel Independen (uji pihak kanan). Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Arongan Lambalek, sedangkan Sampel penelitian adalah Kelas VIII-C sebagai kelas Eksperimen dan Kelas VIII-D sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan hasil uji t menunjukkan t_hitung=20,39 dan t_(tabel )=2,05 maka t_hitung>t_tabel, sehingga adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui model Kooperatif dengan menggunakan LKPD berbasis predict, observe, explain . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model kooperatif dengan menggunakan LKPD berbasis predict, observe, explain dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurmailis Nurmailis
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:00
Last Modified: 23 Feb 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27085

Actions (login required)

View Item
View Item