Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar.

Reza Alfianda, 170209039 (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar] Text (Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar)
Reza Alfianda, 170209039, FTK, PGMI, 082230759179.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MIN 25 Aceh Besar, pada Pembelajaran Tematik guru kurang memanfaatkan pengunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, sehingga membuat peserta didik mudah bosan yang berakibat pada motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Audio Visual terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pre exsperimental dengan model one group pretest posttest Design. Sample dalam penelitian ini adalah kelas IVb yang berjumlah 22 orang peserta didik dengan pemilihan sampel secara purpositive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan angket. Hasil analisis motivasi belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata 81% tergolong dalam kategori tinggi. Analisis hasil belajar peserta didik diperoleh thitung 25,518 dan ttabel 1,72 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu Penggunaan media pembelajaran Audio Visual berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran Tematik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran Tematik di kelas IV MIN 25 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Motivasi dan Hasil Belajar.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Reza Alfianda
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:08
Last Modified: 23 Feb 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27090

Actions (login required)

View Item
View Item