Pengaruh Model Pembelajaran Disvovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP

Ira Hajiati, 261222934 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Disvovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran, Pendidikan]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran, Pendidikan)
IRA HAJIATI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis sangat dibutuhkan oleh siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Hal ini disebabkan jika seseorang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang baik maka akan mampu berpikir secara logis serta dapat memperluas pengetahuan terhadap matematika yang dipelajarinya. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP, misalnya melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP yang diajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP YPUI Banda Aceh yang berjumlah 54 orang sampel kelas VIII-A dan VIII-B yang berjumlah 39 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan pedoman penskoran. Hasil penelitian menunjukkan t_hitung=6,67 dan t_tabel=1,68, maka t_hitung≥t_tabel. Sehingga H_1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP yang dibelajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada kemmampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Duskri, M.kes; 2. Suhartati, S.Pd. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Depositing User: Ira Hajati
Date Deposited: 02 Mar 2018 08:34
Last Modified: 02 Mar 2018 08:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2710

Actions (login required)

View Item
View Item