Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Di SMPN 12 Takengon

Hairani Adha, 160204036 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Di SMPN 12 Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Di SMPN 12 Takengon] Text (Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Di SMPN 12 Takengon)
Hairani Adha Upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Model pembelajaran generatif membimbing peserta didik untuk mengupayakan apa yang telah didapatkan melalui pengalaman dapat digunakan sebagai dasar pengetahuan dalam membangun pengetahuan yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran generatif dengan media laboratorium virtual untuk membantu meminimalisir keterbatasan alat praktikum IPA khususnya pada materi Gelombang terhadap hasil belajar peserta didik. penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen non equivalen control grub design, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 12 Takengon yang berjumlah 42 orang. Untuk instrumen yang digunakan yaitu soal pre-test dan posttest. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung3,427 dan ttabel 1,68 dengan kriteria pengambilan keputusan yaitu t_(hitung )>t_(tabel ) berdasarkan uji tersebut maka H1 diterima dan HO ditolak dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan laboratorium virtual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Hairani Adha Hairani
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:17
Last Modified: 24 Feb 2023 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27102

Actions (login required)

View Item
View Item