Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pembuatan dan Perbaikan Furniture Ditinjau dalam Perspektif Maqashid Syariah (Studi Pada Toko Mori Perabot Banda Aceh)

Dinda Alisha Febrina, 170602152 (2022) Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pembuatan dan Perbaikan Furniture Ditinjau dalam Perspektif Maqashid Syariah (Studi Pada Toko Mori Perabot Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pemasaran] Text (Strategi Pemasaran)
Dinda Alisha Febrina, 170602152, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Industri Furniture berkembang pesat dimasyarakat, seiring kemajuan teknologi dan permintaan masyarakat pasar yang besar pada jenis-jenis barang tertentu. Bauran pemasaran (marketing mix) syariah merupakan kegiatan yang dilakukan secara terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Toko Mori Perabot dalam mempertahankan usaha jasa pembuatan furniture di Banda Aceh dan strategi pemasaran Usaha Pembuatan furniture Toko Mori Perabot dalam tinjauan maqashid syariah. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Mori Perabot Banda Aceh yaitu dengan menggunakan marketing mix syariah 4P yakni, strategi product (produk), strategi price (harga), strategi promotion (promosi), dan strategi place (tempat). Produk yang dijual pada Toko Mori Perabot menggunakan bahan baku yang berkualitas dan di desain sesuai perkembangan zaman dengan tujuan untuk mempertahankan usahanya. Harga yang ditetapkan juga menyesuaikan dengan kualitas produk yang dijual, dalam mengambil keuntungan juga tidak berlebihan yaitu 10% dari modal yang dikeluarkan, karena jika terlalu banyak mengambil untung dapat mendzalimi konsumen. Promosi yang dilakukan oleh Toko Mori Perabot melalui media cetak, media sosial dan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Lokasi yang strategis juga memberikan kemudahan kepada calon konsumen yang ingin datang langsung ke Toko Mori Perabot. Sedangkan dalam tinjauan maqashid syariah, strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Mori Perabot juga telah sesuai dapat dilihat dari kesepakatan yang dilakukan dengan konsumen dengan tidak mendzalimi dan memberatkan konsumen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dinda Alisha Febrina Dinda
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:50
Last Modified: 24 Feb 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27105

Actions (login required)

View Item
View Item