Persepsi Mahasiswa Ilmu Politik Uin Ar-Raniry Terkait Pengetahuan Kepemiluan

Teuku Teguh Furqan Anugrah, Furqan (2023) Persepsi Mahasiswa Ilmu Politik Uin Ar-Raniry Terkait Pengetahuan Kepemiluan. Other thesis, Uin Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Teuku Teguh Furqan Anugrah, 150801092, FISIP, IP.pdf] Text
Teuku Teguh Furqan Anugrah, 150801092, FISIP, IP.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Membahasa tentang persepsi mahasiswa terhadap pemilu] Text (Membahasa tentang persepsi mahasiswa terhadap pemilu)
Teuku Teguh Furqan Anugrah, 150801092, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pemilihan umum (pemilu) adalah upaya mewujudkan kedaulatan rakyat untuk
memilih wakil rakyat.
Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UIN Ar-Raniry) Banda Aceh terdapat Sebesar 422 orang Mahasiswa jurusan ilmu politik yang dapat dikategorikan sebagai pemilih pemula dalam pemilu. Secara teoritik mahasiswa tersebut dapat dinyatakan sedang mempelajari pengetahuan kepemiluan. Oleh sebab itu antusiasme mahasiswa ilmu politik terhadap pemilu seharusnya tinggi, namun pada kenyataannya terdapat beberapa mahasiswa ilmu politik yang menganggap kepemiluan di Indonesia tidak jujur atau bisa dikatakan berpersepsi negatif sehingga tidak ingin mencoblos/melibatkan diri dalam pemilu. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana tingkat pengetahuan dan tingkat partisipasi Mahasiswa Ilmu Politik UIN Ar-Raniry terhadap pemilu dan Apakah tingkat pengetahuan mempengaruhi partisipasi Mahasiswa Ilmu Politik UIN Ar-Raniry dalam pemilu. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif analisis, mencari dan menganalisis data melalui kuesioner dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah pertama tingkat pengetahuan pemilu yang dimiliki oleh mahasiswa ilmu politik yaitu 87,66% mahasiswa paham mengenai sistem pemilu dan 85,19% telah mendapat pembelajaran namun 56,80% tidak memiliki kemampuan menjalankan sistem pemilu. Kedua tingkat partisipasi mahasiswa ilmu politik didapati bahwa 76,54% mahasiswa memiliki kesan setelah mengamati sistem pemilu dan 66,67% mahasiswa pernah berpartisipasi dalam pemilu, namun 61,27% mahasiswa menyatakan menggunakan hak pilih dikarenakan menerima sejumlah materi dari pasangan calon. Ketiga terdapat pengaruh tingkat pengetahuan terhadap partisipasi mahasiswa ilmu politik dalam pemilu hal ini dilihat dari nilai t hitung sebesar 0,297 dan t tabel 0,221 (t hitung > t tabel).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: TEUKU TEGUH FURQAN ANUGRAH FURQAN
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:55
Last Modified: 24 Feb 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27108

Actions (login required)

View Item
View Item