Nilai-Nilai Edukasi Islam dalam Kesenian Saman Gayo Di Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues

Muslim, 150201081 (2022) Nilai-Nilai Edukasi Islam dalam Kesenian Saman Gayo Di Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Nilai-Nilai Edukasi Islam dalam Kesenian Saman Gayo Di Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues] Text (Nilai-Nilai Edukasi Islam dalam Kesenian Saman Gayo Di Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)
Muslim, 150201081, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tari Saman adalah sebuah tarian rakyat yang dikembangkan dalam masyarakat suku Gayo yang mendiami beberapa Kecamatan di Provinsi Aceh. Asal-usul tari yang selaras dengan masuknya Islam di Aceh dan menjadi propaganda media dalam penyebaran Islam. Kemudian berkembang menjadi sebuah seni yang memiliki sosio-kultural fungsi dan merupakan hasil dari akulturasi budaya Islam. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti nilai-nilai edukasi Islam yang terkandung dalam simbol-simbol, makna dari gerakan-gerakan dan syair tari Saman melalui ethnopedagogical analisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer yang diperoleh dari tari file video dan sumber data sekunder diperoleh dari hasil wawancara, buku-buku, video, dan literatur. Hasil penelitian Tari Saman pada penelitian ini diketahui beberapa nilai-nilai pendidikan Islam, yaitu, musyawarah, sopan santun untuk memulai pelayanan, menjalin silaturrahmi, do’a-do’a ibadah, persatuan, ketaatan kepada pemimpin dan ulama, dan cinta tanah air. Nilai ini merupakan bagian Agama dan pendidikan moral yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter masyarakat suku Gayo. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam Tari Saman terkandung berbagai macam nilai, di antaranya nilai keagamaan, nilai etika, dan nilai sosial. Nilai-nilai tersebut tercermin dari keseluruhan kesenian Tari Saman, mulai dari latihan/persiapan, gerakan tari, nyanyian, dan syair.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muslim Muslim
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:39
Last Modified: 24 Feb 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27109

Actions (login required)

View Item
View Item