Peranan Teungku Gampong Dalam Penerapan Bimbingan Ibadah Pada Keluarga Di Desa Lampoh Drien Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya

Lidia Asyura, 170402103 (2022) Peranan Teungku Gampong Dalam Penerapan Bimbingan Ibadah Pada Keluarga Di Desa Lampoh Drien Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peranan Teungku Gampong Dalam Penerapan Bimbingan Ibadah Pada Keluarga Di Desa Lampoh Drien Kecamatan Susoh  Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Peranan Teungku Gampong Dalam Penerapan Bimbingan Ibadah Pada Keluarga Di Desa Lampoh Drien Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya)
Lidia Asyura, 170402103, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peranan Teungku Gampong Dalam Penerapan Bimbingan Ibadah Pada Keluarga Di Desa Lampoh Drien Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya”. Teungku gampong masih belum maksimal dam menjalankan perannya seperti pelaksanaan bimbingan belum maksimal dan juga partisipasi masyarakat terhadap kegiatan keagamaan masih kurang. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui peran teungku terhadap penerapan bimbingan ibadah pada keluarga, 2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif Analisis, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Menentukan subjek dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, informan berjumlah 10 orang. Hasil peneletian yaitu, peranan teungku gampong dalam penerapan ibadah pada keluarga adalah dengan memberikan bimbingan dalam bidang akidah, ibadah dan juga muamalah serta mengajak memakmurkan meunasah dan juga mengikuti kegiatan keagamaan serta pengajian-pengajian dan majelis taklim serta wirid yang diikuti oleh kaum ibu-ibu, sedangkan faktor penghambat dan pendukung adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya ibadah dan juga adanya kesibukan akan hal lain, faktor pendukung ialah adanya kerja sama antara keuchik dan perangkat desa dan contoh yang teladan dari tokoh gampong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lidia Asyura Lidia
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:53
Last Modified: 24 Feb 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27116

Actions (login required)

View Item
View Item