Pengaruh Gender Terhadap Peningkatan Kemampuan Aktual Siswa Pada Materi Minyak Bumi di SMA Negeri 3 Kluet Utara

Nurul Warisah, 150208039 (2023) Pengaruh Gender Terhadap Peningkatan Kemampuan Aktual Siswa Pada Materi Minyak Bumi di SMA Negeri 3 Kluet Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Gender Terhadap Peningkatan Kemampuan Aktual Siswa Pada Materi Minyak Bumi di SMA Negeri 3 Kluet Utara] Text (Pengaruh Gender Terhadap Peningkatan Kemampuan Aktual Siswa Pada Materi Minyak Bumi di SMA Negeri 3 Kluet Utara)
Nurul Warisah, 150208039, FTK, PKM, 081293044205.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SMA Negeri 3 Kluet Utara diperoleh permasalahan bahwa pendidik hanya melihat berhasil atau tidaknya pembelajaran dari hasil akhir peserta didik, namun sebenarnya bila ditinjau dari keterampilan proses dalam pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mengingat bahan ajar dan menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengetahuan awal peserta didik pada materi minyak bumi dan meningkatkan kemampuan aktual peserta didik pada materi minyak bumi. Jenis penelitian digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian adalah angket dan pretet-postest dalam bentuk uraian. Berdasarkan hasil dianalisis data didapatkan bahwa persentase pengetahuan awal siswa pada hasil pretest yaitu siswa perempuan sebanyak 11 orang mendapatkan nilai rata-rata 60 sedangkan laki-laki mendapatkan nilai rata-rata 40, setelah dilihat dari tahap awal nilai peserta didik masih sangat rendah jadi pendidik melakukan perlakuan dan kemudian memberi soal postest, setelah diberi postest nilai peserta didik meningkat yang siswa perempuang mendapatkan nilai rata-rata 80 sedangkan laki-laki mendapatkan nilai rata-rata 60, dapat dilihat juga mengunakan rumus N-gain yaitu tingkat pencapaiannya rata-rata 0,3 tergolong sedang. Jadi dapat dilihat bahwa adanya pengaruh kemampuan aktual siswa tersebut, dan yang mendapatkan nilai paling tinggi yaitu siswa perempuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurul Warisah
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:57
Last Modified: 24 Feb 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27117

Actions (login required)

View Item
View Item