Kepemimpinan Dayah Dalam Peningkatan Program Tahfidzul Qur’an Di Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar

Durratun Nashihah, 180206041 (2023) Kepemimpinan Dayah Dalam Peningkatan Program Tahfidzul Qur’an Di Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kepemimpinan Dayah Dalam Peningkatan Program Tahfidzul Qur’an Di Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar] Text (Kepemimpinan Dayah Dalam Peningkatan Program Tahfidzul Qur’an Di Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar)
Durratun Nashihah, 180206041, FTK, MPI, 085296488209.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas peran seorang pemimpin dalam meningkatkan program tahfidzul qur’an di Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar. Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar menjalankan program unggulan yaitu program bahasa,disamping adanya program unggulan bahasa, Dayah ini juga menjalankan program tahfidzul qur’an yang sudah dijalankan beberapa tahun yang lalu.Setiap tahunnya selalu bertambah para hafidz/hafidzah yang sudah menghafal al-Qur’an 30 juz.Tujuan penelitian untuk mengetahui perencanaan pimpinan dayah dalam meningkatkan program tahfidz, mendeskripsikan pengelolaan program tahfidz, dan mengetahui kendala-kendala dalam peningkatan program tahfidz.Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Subjek dalam penelitian ini adalah Pimpinan Dayah, Koordinator Tahfidz, dan Santri.Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pimpinan dayah dalam peningkatan program tahfidz, perencanaan yang dilakukan melalui tahap seleksi kemampuan santri dalam menghafal, pengorganisasian terhadap para ustadz/ustadzah dalam menentukan tugas dan mekanisme proses pembelajaran. (2) pengelolaan dalam meningkatkan program tahfidz, meliputi kegiatan melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi terhadap program tahfidz yang dijalankan di dayah. (3) kendala dalam peningkatan program tahfidzul qur’an tidak begitu signifikan terhadap peningkatan program tahfidz sehingga dapat diatasi dengan kedisiplinan para ustadz/ustadzah. Peneitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan program tahfidz bagi lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Durratun Nashihah
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:29
Last Modified: 27 Feb 2023 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27139

Actions (login required)

View Item
View Item