Redesain Tempat Penangkaran Penyu, Di Pantai Penyu, Kota Pariaman

Thessa Andari Mutmayni, 170701059 (2023) Redesain Tempat Penangkaran Penyu, Di Pantai Penyu, Kota Pariaman. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Redesain Tempat Penangkaran Penyu, Di Pantai Penyu, Kota Pariaman] Text (Redesain Tempat Penangkaran Penyu, Di Pantai Penyu, Kota Pariaman)
Thessa Andari Mutmayni, 170701059, FST, SA, 082361923970.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Tempat penangkaran penyu yang berada di Apar, Pariaman utara, Kota Pariaman ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup di minati oleh wisatawan daerah maupun luar daerah yang akan berkunjung ke Kota Pariaman. Menurut (Laut, n.d.) penyu adalah bagian penting dari dua ekosistem, baik ekosistem pesisir maupun ekosistem laut. Penyu yang sudah hidup dan berkembang selama 150 tahun di dunia ini sekarang sedang berjuang melawan kepunahan yang di sebabkan oleh tuntutan zaman. Para peneliti juga menyatakan bahwa penyu merupakan salah satu spesies kunci dalam menjaga ekosistem. Akibat yang akan di timbulkan jika penyu mengalami kepunahan yaitu ekosistem yang berada di laut dan di pesisir akan mengalami kerusakan dan tentunya akan berdampak pada kehidupan manusia.
Konsep yang di pakai dalam me-redesain objek wisata tempat penangkaran penyu Kota Pariaman ini menggunakan pendekatan Eko-Arsitektur. Penggunaan konsep itu sendiri dinilai cocok untuk diterapkan di penangkaran penyu karna memperhatikan keadaan lingkungan sekitar, menekankan pada pemeliharaan sumber daya lingkungan, serta pemanfaatan sumber daya alam di sekitar bangunan, yang mana site ini merupakan daerah wisata. Tujuan dari re-desain tempat penangkaran penyu ini adalah mencari solusi dari permasalahan perancangan terdahulu melalui upaya redesain tempat penangkaran penyu agar dapat memaksimalkan fungsi tempat penangkaran penyu, meningkatkan daya tarik pengunjung pada objek wisata tempat penangkaran penyu di Kota Pariaman melalui redesain tempat penangkaran penyu sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Thessa Andari Mutmayni
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:18
Last Modified: 27 Feb 2023 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27153

Actions (login required)

View Item
View Item