Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 16 Banda Aceh

Nisfi Isnaini, 170206065 (2021) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Mutu Pendidikan] Text (Mutu Pendidikan)
Nisfi Isnaini, 170206065, FTK, MPI, 085311360747.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Peningkatkan mutu pendidikan memerlukan dukungan dan dorongan dari lingkungan belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi SMAN 16 Banda Aceh didapati bahwa sekolah tersebut beraktreditasi B. berdasarkan hasil wawancara. Berdasarkan hasil wawancara, SMAN 16 Banda Aceh didapati bahwa sekolah memerlukan kerjasama orang tua dan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama pada standard kompetensi lulusan dan standar pengelolaan. Oleh karena itu, diperlukan rancang bangun yang tepat agar standard kompetensi lulusan dan standard pengelolaan dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis kebutuhan dalam meningkatkan mutu pendidikan pada standard kompetensi lulusan dan standard pengelolaan dengan mengembangkan rancang bangun dan langkah-langkahnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, lembar validasi dan angket. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D model Borg & Gall dengan menggunakan langkah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan produk awal, pengembangan produk, validasi dan revisi agar meningkatkan mutu pendidikan pada standard kompetensi lulusan dan standard pengelolaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan sekolah terhadap kerjasama orang tua dan masyarakat dengan menggunakan rancang bangunyang dikembangkan melalui 4 tahap yaitu, 1) perencanann, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, dan 4) evaluasi. Analisis data dilakukan dengan validasi dan angket tahap awal didapati perolehan skor 81% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi tahap kedua memperoleh skor nilai rata-rata 92,67% dengan kriteria sangat sesuai (sangat layak) untuk digunakan. Rancang bangun dalam penelitian ini adalah, 1) melibatkan peran seta keluarga dalam membangun kerjasama dengan sekolah melalui kegiatan parenting school, 2) melibatkan peran serta masyarakat dalam membangun kerjasama dengan sekolah melalui kegiatan event sekolah yang berkolaborasi dengan HMP MPI, 3) melibatkan peran warga sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah melalui kegiatan study tour ke universitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nisfi Isnaini Nisfi
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:40
Last Modified: 27 Feb 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27158

Actions (login required)

View Item
View Item