Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparatur Negara terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Roda Dua pada Kantor SAMSAT Aceh Barat Daya

Kasmira, 431307379 (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparatur Negara terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Roda Dua pada Kantor SAMSAT Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KASMIRA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FOMR B DAN FOMR D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasmira, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh. Judul skripsi Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparatur Negara Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Roda Dua Pada Kantor SAMSAT Aceh Barat Daya. Dibawah bimbingan Dr.Jauhari,M.Si dan Fakhruddin SE.MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan Aparatur dalam pembayaran pajak kendaraan roda dua pada kantor SAMSAT Aceh Barat Daya terhadap kepuasan masyarakat. 2) Berapa besar pengaruh kuliatas pelayanan Aparatur dalam pembayaran pajak kendaraan roda dua pada kantor SAMSAT Aceh Barat Daya terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 16. Untuk mendapatkan data lebih akurat peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dan metode penelitian yang bersifat perpustakaan (Library Research) yang mendukung penyusunan penelitian ini. Dengan jumlah populasi (N) masyarakat yang membayar pajak kendaraan roda dua pada kantor SAMSAT Aceh Barat Daya, dengan jumlah kendaraan yang terdaftar di kantor SAMSAT Aceh Barat Daya adalah 29.337 unit kendaraan dalam satu masa dan persentase kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel yang dikehendaki (e) sebesar 0,05 atau 5% maka jumlah sample (n) yang diambil adalah sebesar 100 orang wajib pajak. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memerhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah Observasi, Angket dan Dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 16 yang melibatkan dua variable yaitu pelayanan Aparatur (X) dan Kepuasan Masyarakat(Y). Pada tahap selanjutnya untuk menguji reabilitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Cronbach’s Alpha versi 16 yaitu koefesien alpha dikembangkan oleh Cronbach sebagai ukuran umum dari konsistensi internal skala multi item, angka cronbach alpha pada kisaran 0.60 adalah dapat diterima (baik). Adapun hasil penelitian ini adalah Dengan pengujian pengaruh yang dilakukan dengan menggunakan metode uji regresi diketahui bahwa nilai t hitung 13.257 > 1.9845 t table.berdasarkan kuesioner yang telah diedarkan kepada masyarakat Aceh Barat Daya dan telah diuji dengan menggunakan SPSS versi 16 for windows bahwa besar pengaruh Pelayanan Aparatur Negara terhadap kepuasan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan roda dua pada kantor SAMSAT Aceh Barat Daya adalah sebesar 64.2%. Hal ini menunjukan adanya hubungan yang cukup kuat antara pengaruh kualitas pelayanan Aparatur dengan kepuasan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan roda dua pada kantor SAMSAT Aceh Barat Daya. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan Aparatur SAMSAT berpengaruh positif terhadap kepuasan Masyarakat dalam pembarayan pajak kendaraan roda dua dan hipotesis yang di ajukan dapat diterima.
Kata Kunci : Pengaruh, Pelayanan, Aparatur Negara, Kepuasan, Pembayaran Pajak, Kendaraan roda dua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Dr.Juhari, M.Si 2.Fakhruddin,S.E,MM
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pelayanan, Aparatur Negara, Kepuasan, Pembayaran Pajak, Kendaraan roda dua.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336 Keuangan Negara > 336.2 Pajak dan Perpajakan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Kasmira Basyaruddin
Date Deposited: 16 Mar 2018 09:08
Last Modified: 16 Mar 2018 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item
TOP