Pengelolaan Sarana Laboratorium Komputer Di Mas Lamno Aceh Jaya

Juliana, 180206075 (2023) Pengelolaan Sarana Laboratorium Komputer Di Mas Lamno Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengelolaan Sarana Laboratorium Komputer Di MAS Lamno Aceh Jaya] Text (Pengelolaan Sarana Laboratorium Komputer Di MAS Lamno Aceh Jaya)
Juliana, 180206075, FTK, MPI, 085245276846.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pengelolaan sarana laboratorium komputer merupakan suatu proses perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan, dan penghapusan secara tepat guna dan tepat sasaran. Dalam mewujudkan proses pengelolaan yang baik guna untuk kebutuhan peserta didik, laboratorium komputer dalam pengelolaanya harus baik dan benar untuk menciptakan sarana pembelajaran yang efektif. Namun pengelolaan dan penggunaan sarana laboratorium komputer di MAS Lamno Aceh Jaya belum berjalan dengan baik.Tujuan penelitian ini yaitu: 1.untuk mengetahui proses pengelolaan sarana laboratorium komputer di MAS Lamno Aceh Jaya, 2.untuk mengetahui mekanisme penggunaan sarana laboratorium komputer di MAS Lamno Aceh Jaya, 3.untuk mengetahui apa saja kendala pengelolaan sarana laboratorium komputer di MAS Lamno Aceh Jaya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, kepala laboratorium komputer, dan waka sarana/prasarana, serta analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemui bahwa: 1.proses pengelolaan sarana laboratorium komputer, seperti: a. proses perencanaan belum berjalan dengan baik tidak sesuai dengan prosedur yang telah direncanakan, b. proses pengadaan belum berjalan dengan baik dikarenakan sumber dana yang kurang ataupun belum mencukupi untuk proses pengadaan, c. proses inventarisasi belum berjalan dengan baik dikarenakan kurangnya staff kerja untuk melakukan proses pencatatatan sarana tersebut, d. proses pemeliharaan belum berjalan dengan baik dikarenakan kurangnya staff kerja untuk melakukan proses pemeliharaan yang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, e. proses penghapusan belum berjalan dengan baik dikarenakan keterbatasan waktu pengelola laboratorium yang memegang dua jabatan sekaligus, dan kerusakan komputer yang tidak jelas. 2.mekanisme penggunaan sarana laboratorium komputer belum berjalan dengan baik, karena aturan ataupun tata tertib yang dibuat sering dilanggar oleh peserta didik,fasilitas komputer yang belum lengkap, dan banyak komputer yang rusak. 3.kendala pengelolaan sarana laboratorium komputer yaitu ketidak mampuan dalam membuat perencanaan dan belum konsisten dalam penerapan kebijakan sesuai dengan perencanaan awal yang berefek pada proses pengadaan, ketersediaan dana, dan kurangnya pengawai ataupun pertugas laboratorium komputer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Juliana Juliana
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:55
Last Modified: 27 Feb 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27160

Actions (login required)

View Item
View Item