Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Mis Al-Istiqamah Aceh Besar.

Puji Ariani, 170209049 (2023) Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Mis Al-Istiqamah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Mis Al-Istiqamah Aceh Besar] Text (Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Mis Al-Istiqamah Aceh Besar)
Puji Ariani, 170209049, FTK, PGMI, 082262730454.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran tematik adalah suatu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Pelaksanaan pembelajaran tematik telah diterapkan pada jenjang sekolah dasar baik di kelas rendah maupun kelas tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran tematik di MIS Al- Istiqamah Aceh Besar, (2) mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, (3) mengetahui upaya yang ditempuh dalam mengatasi problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrument kunci adalah peneliti itu sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIS Al-Istiqamah Aceh Besar sudah melaksanakan pembelajaran tematik, akan tetapi, pelaksanaan pembelajaran tematik di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar belum dikatan berhasil secara maksimal, karena terdapat beberapa kendala yang dialami oleh guru maupun siswa khususnya kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI. Adapun kendala yang dialami guru khusunya kelas IV, V, dan VI diantaranya: (1) Pembuatan RPP tematik, (2) Tidak ada pengkaitan antar tema saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung, (3) Model dan metode yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik siswa, (4) Media pembelajaran kurang menarik minat belajar siswa, (5) pengelolaan kelas, (6) ketersediaan buku ajar yang kurang memadai. Solusi yang ditempuh oleh pihak sekolah dan guru kelas IV, V, dan VI adalah diskusi dengan teman sejawat, meningkatkan kreatifitas, panduan terhadap RPP dan jam tambahan untuk siswa yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pelaksanaan, Pembelajaran Tematik
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puji Ariani Ariani
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:46
Last Modified: 27 Feb 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27161

Actions (login required)

View Item
View Item