Efektivitas Komunikasi Pemerintah Gampong dalam Pencegahan Covid-19 Di Punge Blang Cut Kota Banda Aceh

Shelly Karim, 170401013 (2023) Efektivitas Komunikasi Pemerintah Gampong dalam Pencegahan Covid-19 Di Punge Blang Cut Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Menjelaskan Tentang Efektivitas Komunikasi Antara Pemerintah Gampong kepada Masyarakat] Text (Menjelaskan Tentang Efektivitas Komunikasi Antara Pemerintah Gampong kepada Masyarakat)
Shelly Karim, 170401013, FDK, KPI, 081260865734.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Salah satu Gampong yang terdampak Covid-19 di Kota Banda Aceh ialah Gampong Punge Blang Cut yang termasuk dalam Kecamatan Jaya Baru Untuk mencegah pandemi Covid-19 di kalangan masyarakat setempat, maka Pemerintah Gampong Punge Blang Cut melalui aparaturnya tentu memiliki tugas dan tanggungjawab komunikasi dalam melindungi masyarakatnya dari wabah Covid-19, Namun, terlihat sebagian besar masyarakat masih kurang menuruti apa yang disampaikan oleh aparatur Gampong Punge Blang Cut, oleh karenaya Penyampaian informasi seputar pandemi Covid-19 ini dibutuhkan komunikasi yang efektif oleh pemerintah demi pemahaman masyarakat terhadap Covid-19.

Tujuan dari Penelitian Untuk mengetahui efektivitas komunikasi yang dilakukan dan faktor yang mendukung dan menghambat Pemerintah Gampong Punge Blang Cut dalam komunikasi pencegahan Covid-19. Metode penelitian ini diperoleh melalui metode Penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai setting social atau dimaksudkan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial. Berdasarkan Hasil Penelitian dan Pembahasan, efektivitas komunikasi yang dilakukan Oleh Pemerintah Gampong Blang Cut cukup efektif yang melakukan pendekatan melalui beberapa kelompok, dan pendekatan dengan emosional yang dapat menumbuhkan rasa kepedulian. Namun respon dari beberapa masyarakat yang tidak mendukung dan menjalankan berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. faktor yang mendukung dan menghambat pemrintah Gampong Blang Cut dalam Komunikasi adalah yang menghambat komunikasi masih ada beberapa respon masyarakat yang kurang partisipasi dalam pencegahan Covid-19 dan Faktor pendukungnya meliputi partisipasi pemerintah itu sendiri dan juga partisipasi langsung dari masyarakat Disarankan Terhadap Masyarakat bisa berkomitmen dalam menjalankan protokol kesehatan yang disampaikan oleh pemerintah, dan Pemerintah dapat selalu menjaga komunikasi yang sehat dengan masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Shelly Karim
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:48
Last Modified: 27 Feb 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27162

Actions (login required)

View Item
View Item