Pengenalan Nilai-Nilai Keteladanan Dalam Kisah Nabi Musa Bagi Anak Usia Dini di TK Al-Ikhlas Kec. Kluet Selatan

Riza Farida, 170210062 (2023) Pengenalan Nilai-Nilai Keteladanan Dalam Kisah Nabi Musa Bagi Anak Usia Dini di TK Al-Ikhlas Kec. Kluet Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengenalan nilai-nikai keteladanan dalam kisah nabi Musa bagi anak usia dini di TK Al-Ikhlas Kec. Kluet Selatan] Text (Pengenalan nilai-nikai keteladanan dalam kisah nabi Musa bagi anak usia dini di TK Al-Ikhlas Kec. Kluet Selatan)
Riza Farida, 170210062, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Nilai adalah sesuatu yang melekat pada diri manusia yang patut dijalankan dan dipertahankan sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang mempunyai karakter khas
dari pada makhluk yang lain, sedangkan keteladanan adalah sesuatu yang bisa ditiru atau dijadikan contoh. Nilai Keteladanan Berdasarkan observasi di TK Al-Ikhlas Kec. Kluet Selatan masih kurang, peneliti menemukan bahwa anak masih belum bisa mengendalikan diri untuk tetap bersabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan nilai keteladanan kepada anak melalui kisah Nabi Musa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain one group pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yaitu kelas A yang berjumlah 11 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengenal nilai-nilai keteladanan anak melalui kisah Nabi Musa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mengenal nilai keteladanan melalui kisah Nabi Musa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa thitung =22,927 dan t tabel =1,81 dengan deraja kebebasan dk=10 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terhitung ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kesimpulannya adalah anak TK Al-ikhlas Aceh Selatan mengenal nilai-nilai keteladanan dalam kisah Nabi Musa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Riza Farida Riza
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:07
Last Modified: 27 Feb 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27169

Actions (login required)

View Item
View Item