Redesain Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Banda Aceh (Dengan pendekatan Eko-Arsitektur).

Nazilla, 180701017 (2023) Redesain Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Banda Aceh (Dengan pendekatan Eko-Arsitektur). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Redesain Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Banda Aceh (Dengan pendekatan Eko-Arsitektur)] Text (Redesain Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Banda Aceh (Dengan pendekatan Eko-Arsitektur))
Nazilla, 180701017, FST, SA, 085262696370.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Banda Aceh merupakan salah satu lembaga pendidikan Agama Islam yang berdiri sejak tahun 1990 yang menganut sistem madrasah dan santri yang bermukim di asrama dengan masa pendidikan 3-6 tahun, dimana tujuan dari pendidikan ini adalah mengembangkan potensi diri peserta didik untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian diri, kecerdasan dan berakhlak mulia. Sehingga animo masyarakat Aceh untuk menyekolahkan anaknya ke Pondok Pesantren ini sangat besar. Berdasarkan hasil survei lapangan fasilitas yang ada di Pesantren menjadi semakin padat dan bersedak-desakan. Hal tersebut memicu pada kurangnya kenyamanan pengguna pesantren yang seharusnya fokus terhadap pendidikannya. Selain itu, kondisi beberapa bangunan juga sudah tidak layak pakai dan kurangnya perawatan. Oleh sebab itu, muncullah alasan penulis terhadap pentingnya dilakukan redesain terhadap pondok pesantren ini. Sejalan dengan program Kementerian Lingkungan Hidup, maka proses redesain akan menggunakan tema Eko-Arsitektur dengan konsep Eko-Pesantren yang menunjukkan peran serta pesantren sebagai institusi pendidikan Islam dalam upaya menjaga eksistensi dan kualitas lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Redesain, Pondok Pesantren Darul ‘Ulum, Eko-Pesantren, Kenyamanan Pengguna.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Nazilla Nazilla
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:09
Last Modified: 27 Feb 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27173

Actions (login required)

View Item
View Item