Penyalahgunaan Narkotika Oleh Anak Di Gampong Lam Ujong Kecamatan Baitussalam

Fitria Restiana Rahayu, 160104062 (2023) Penyalahgunaan Narkotika Oleh Anak Di Gampong Lam Ujong Kecamatan Baitussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Penyalahgunaan Narkotika Oleh Anak Di Gampong Lam Ujong Kecamatan Baitussalam] Text (Penyalahgunaan Narkotika Oleh Anak Di Gampong Lam Ujong Kecamatan Baitussalam)
Fitria Restiana Rahayu, 160104062, FSH, HPI, 082250156518.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penyalahgunaan narkotika merupakan perilaku yang melanggar nilai dan norma yang terdapat didalam masyarakat, hal ini dapat dilihat dari kenakanalan anak yang terjadi mengarah pada suatu bentuk kejahatan. Salah satu kejahatan tersebut adalah penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh anak di Gampong Lam Ujong memakai obat-obatan terlarang dan telah merusak moral mereka sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi anak dalam penyalahgunaan narkotika, untuk mengetahui upaya aparatur gampong Lam Ujong terhadap penyalahgunaan narkotika oleh anak, serta untuk mengetahui juga tinjauan hukum Islam terhadap penyalahgunaan narkotika oleh anak di Gampong Lam Ujong dan upaya Aparatur Gampong Lam Ujong. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, adapun pendekatan yang digunakan fenomenologi, dan metode analisis data adalah deskriptif analisis. Sumber data penelitian ini adalah data lapangan (field research) dan data kepustakaan (liberary research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penyalahgunaan narkotika oleh anak di Gampong Lam Ujong Kecamatan Biatussalam antara lain: faktor dari individual anak itu sendiri, faktor dari dalam keluarga serta faktor dari lingkungan masyarakat dan lingkungan pertemanan anak. kemudian terdapat juga peran Aparatur Gampong: melakukan sosialisasi kepada anak dan masyarakat, melakukan pemberantasan dengan cara berkerjasama dengan pihak Kepolisian dan pihak Petugas Data BNN Kecamatan Biatussalam, dan melakukan pengawasan terhadap anak di Gampong Lam Ujong. Kemudian menurut tinjauan hukum Islam mengenai hukuman dan upaya Aparatur Gampong terhadap penyalahgunaan narkotika oleh anak di Gampong Lam Ujong dan upaya Aparatur Gampong Lam Ujong telah sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Fitria Restiana Rahayu
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:14
Last Modified: 27 Feb 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27174

Actions (login required)

View Item
View Item