Keanekaragaman Spesies Burung Di Kawasan Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi.

Nofika Syahputra, 160207051 (2023) Keanekaragaman Spesies Burung Di Kawasan Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keanekaragaman Spesies Burung Di Kawasan Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi] Text (Keanekaragaman Spesies Burung Di Kawasan Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi)
Nofika Syahputra, 160207051, FTK, PBL, 081361525537.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pintu Rime Gayo merupakan salah satu Kecamatan Kabupaten Bener Meriah yang memiliki flora dan fauna yan cukup melimpah. Data keanekaragaman burung di tempat tersebut belum pernah dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis burung dan indeks keanekaragaman jenis burung di Kawasan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi tambahan pada mata kuliah Ornitologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Penelitian ini dibagi atas 15 titik hitung yang tersebar di perkebunan, hutan , dan kawasan sungai Pintu Rime Gayo. Pengambilan sampel burung pada setiap titik menggunakan metode Titik Hitung (Point Count). Analisis data menggunakan rumus keanekaragaman Diversitas Shannon-Wiener Ĥ = ∑ Pi ln Pi. Hasil penelitian diketahui bahwa di Kawasan Gunung Seulawah Agam Kabupaten Aceh Besar terdapat 38 jenis burung, yang tergolong dalam 20 famili. Keanekaragaman burung di Kawasan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah tergolong tinggi yaitu dengan indeks keanekaragaman Ĥ = 3,34018. Hasil uji kelayakan terhadap buku saku jenis-jenis burung di kawasan kecamatan pintu rime gayo sebagai referensi mata kuliah Ornitologi diperoleh skor penilaian dengan kategori layak dengan perbaikan ringan pada materi buku saku dan kategori sangat layak untuk media buku saku.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pintu Rime Gayo, Burung , Indeks Keanekaragaman,Ornitologi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nofika Syahputra
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:57
Last Modified: 01 Mar 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27175

Actions (login required)

View Item
View Item