Indentifikasi Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Fisika berdasarkan Teori Polya pada Materi Fluida Kelas X MAN 6 Aceh Besar

Juliana, 150204015 (2022) Indentifikasi Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Fisika berdasarkan Teori Polya pada Materi Fluida Kelas X MAN 6 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Teori Polya] Text (Teori Polya)
Juliana, 150204015, FTK, PFS, 085371929368.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Umumnya peserta didik sulit dalam memahami masalah yang disajikan dalam soal, tidak mampu menggunakan rumus dan sulit dalam melakukan perhitungan matematis. Pemecahan masalah dengan teori Poyla perlu diterapkan untuk mengatasi berbagai kendala yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuinapa saja kesulitan yang dialami peserta didikkdalam menyelesaikannsoal fisika dengan teori Polya pada materi fluida statis kelas X di MAN 6 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subjek yang digunakan adalah 5 orang peserta didik kelas X di MAN 6 Aceh Besar. Adapun instrumen yang digunakan berupa soal tes dan lembar wawancara, kemudian data akan dianalisis melalui tahapan teori Poyla yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana dan meninjau kembali. Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, kesulitan dalam aspek memahami soal peserta didik sudah dapat memahami dengan baik, pada aspek merencanakan peserta didik juga sudah dapat melakukan dengan baik namun ada yang keliru dalam melakukan perkalian, pada aspek menyelesaikan masalah sesuai rencana peserta didik masih kesulitan dan pada aspek meninjau kembali semua peserta didik belum dapat melakukannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Juliana Juli
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:24
Last Modified: 01 Mar 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27176

Actions (login required)

View Item
View Item