Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Insya Bahasa Arab di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh

Muhammad Haekal, 170202101 (2023) Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Insya Bahasa Arab di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Insya Bahasa Arab di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh] Text (Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Insya Bahasa Arab di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh)
Muhammad Haekal, 170202101, FTK, PBA, 082361585654 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Insya adalah kategori tulisan yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gagasan utama berupa gagasan, pesan, dan perasaan ke dalam bahasa tulis. Adapun Situasi siswa di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh sebagian besar dari mereka tidak mampu dalam mengarang (insya) karena banyaknya kesalahan dalam penulisannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dalam penulisan siswa di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh, dan untuk mengetahui permasalahan permasalahan apa saja yang dihadapi siswa dalam penulisan bahasa arab dan metode yang diambil peneliti dalam skripsi ini adalah metode kualitatif, Adapun sampel penelitian ini peneliti memilih siswa tingkat MTs kelas 3 “B” di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 20 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa kesalahan dalam penulisan siswa dalam insya’ meliputi hamzah qata’, wazan, dan tashrif. Permasalahan yang yang dihadapi siswa terdapat 2 faktor. Adapun kesalahan internalnya adalah siswa tidak menyukai pelajaran insya’, karena,mereka kurang mengusai Nahwu dan Sharaf. kurangnya kosakata dalam Bahasa Arab. Sedangkan faktor eksternalnya adalah guru tidak menggunakan metode dan media yang sesuai dan menarik sehingga siswa kurang termotivasi. Hal lainnya adalah kurangnya perlombaan menulis yang dilakukan oleh pihak sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Haekal
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:35
Last Modified: 01 Mar 2023 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27188

Actions (login required)

View Item
View Item