Pengaruh Model Contextual teaching and Learning (CTL) terhadap Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII di MTsN Tungkob Aceh Besar

Cut Annisa Widya Sari Mastura, 261121419 (2017) Pengaruh Model Contextual teaching and Learning (CTL) terhadap Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII di MTsN Tungkob Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika merupakan sesuatu yang banyak dijumpai dalam pembelajaran matematika dimana siswa belum lancar dalam mengekspresikan ide dari suatu permasalahan. Ketika siswa dihadapkan pada sebuah masalah yang menuntut kreativitas dalam menyelesaikan soal tetapi siswa tersebut tidak mampu menyelesaikan karena hanya berkutat pada satu jalan keluar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran matematika yang menghubungkan kehidupan sehari-hari siswa yaitu dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL).Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh kreativitas siswa yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pengaruh kreativitas siswa yang diajarkan dengan model konvensional pada pembelajaran matematika kelas VIII MTsN Tungkob (2) Mengetahui pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kreativitas siswa berdasarksn indikator pada mata pelajaran matematika kelas VIII. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan dalam eksperimen ini adalah pre-test-post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Tungkob Aceh Besar. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga terpilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji kesamaan rata-rata antara kedua kelas melalui program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis data diperoleh pengaruh kreativitas siswa yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada pengaruh kreativitas siswa yang diajarkan dengan model konvensional pada pembelajaran matematika kelas VIII MTsN Tungkob Aceh Besar.Hal ini juga dibuktikan dari hasil analisis kreativitas kelas eksperimen pada tiap indikator dengan 87% siswa telah mencapai kategori sangat kreatif untuk indikator kelancaran, 68% siswa telah mencapai kategori cukup kreatif untuk indikator fleksibilitas, dan 42% siswa telah mencapai kategori minimal sangat kreatif untuk indikator elaborasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL)dapat memberikan pengaruh terhadap kreativitas siswa kelas VIII-5 MTsN Tungkob Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Lukman Ibrahim 2. Novi Trina Sari
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Contextual Teaching, Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 02 Mar 2018 16:05
Last Modified: 31 Jul 2018 14:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item
View Item