Perlakuan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Deskriptif Pada Orang Tua Siswa Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat)

Hijrah Tul Amri, 170402066 (2022) Perlakuan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Deskriptif Pada Orang Tua Siswa Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Anak Berkebutuhan Khusus] Text (Anak Berkebutuhan Khusus)
Hijrah Tul Amri, 170402066, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Ada banyak orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus kurang peduli dan kurang perhatian terhadap anaknya, ini disebabkan dengan berbagai alasan seperti sibuk bekerja dan memiliki rasa malu serta kecewa dan keluarga tidak ideal. Efek kepada anak yang orang tuanya melakukan perlakuan otoriter itu sangat tidak baik bagi anak mempengaruhi perkembangan psikologis anak dan kehidupan anak kedepannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perlakuan yang diberikan oleh orang tua yang memilki Anak Berkebutuhan Khusus pada Yayasan Bukesra. (2) Mengetahui kendala yang dihadapi orang tua dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti lakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan berjumlah 8 orang. Teknik analisis data peneliti lakukan dengan cara Reduksi data, Penyajian Data, dan Penarik Kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini: (1) Tujuh dari delapan orang tua yang diwawancarai melakukan perlakuan otoriter. Dan satu orang tua melakukan perlakuan demokratis. (2) Kendala yang dihadapi orang tua siswa yaitu, apabila mereka mengasuh anaknya lalu anak tersebut susah untuk mendengarkan orang tuanya,yang dikarenkan IQ mereka dibawah rata-rata anak normal, masih sulit untuk memahami kata-kata orang tua kebanyakan bermain dan cepat untuk bosan ketika sedang diajarkan sesuatu hal baik akademik maupun agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hijrah Tul Amri Amri
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:44
Last Modified: 01 Mar 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27193

Actions (login required)

View Item
View Item