Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Triangle Berbantuan Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan Aceh Besar.

Dinda Marzalena, 170212007 (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Triangle Berbantuan Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Triangle  Berbantuan Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)   Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Desain Grafis   Di SMK Darul Ihsan Aceh Besar] Text (Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Triangle Berbantuan Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan Aceh Besar)
Dinda Marzalena, 170212007, FTK, PTI, 082112323833.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Desain Grafis di SMK Darul Ihsan masih terlihat kurang efektif, dikarenakan guru masih menerapkan pembelajaran biasa sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran Broken Triangle berbantuan LKPD terhadap keaktifan dan hasil belajar Desain Grafis di SMK Darul Ihsan Aceh Besar. Peneitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya PTK, sampel yang di ambil sebanyak 27 orang kelas X. teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Tes dengan menggunakan rumus menghitung rata-rata dan distribusi prekuensi. Hasil penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dimana siklus pertama keaktifan siswa mencapai 63% dan hasil belajar mencapai 33% sedangkan siklus ke 2 meningkat dengan keaktifan siswa mencapai 88% dan hasil belajarnya mencapai 81,4%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Broken Triangle berbantuan LKPD ini efektif digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Desain Grafis di SMK Darul Ihsan Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Broken Triangle, LKPD, Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Marzalena
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:39
Last Modified: 01 Mar 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item
View Item