Kepemimpinan Geuchik Perempuan Ditinjau Dari Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Geuchik Perempuan Gampong Cot Mesjid Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh)

Wulan Indah Sari, 140105027 (2023) Kepemimpinan Geuchik Perempuan Ditinjau Dari Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Geuchik Perempuan Gampong Cot Mesjid Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Kepemimpinan Geuchik Perempuan Ditinjau Dari Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Geuchik Perempuan Gampong Cot Mesjid Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh)] Text (Kepemimpinan Geuchik Perempuan Ditinjau Dari Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Geuchik Perempuan Gampong Cot Mesjid Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh))
Wulan Indah Sari, 140105027, FSH, HTN, 085260378242.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kepemimpinan Geuchik Perempuan Ditinjau dari Perspektif Fiqh Siyasah di Gampong Cot Mesjid, Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh’’. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui penyebab terpilihnya Geuchik perempuan di Gampong Cot Mesjid Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh dan pandangan fiqh siyasah terhadap kepemimpinan Geuchik perempuan di gampong Cot Mesjid, Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian terdiri dari geuchik, aparatur gampong, tokoh masyarakat dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian diketahui bahwa alasan terpelihnya Geuchik perempuan di Gampong Cot Mesjid karena adanya kontribusi yang besar terhadap masyarakat, memiliki sikap peramah dan pemurah, memiliki pengalaman bekerja di aparatur pemerintah gampong dan merupakan putri asli kelahiran Gampong Cot Mesjid. Ditinjau dari fiqh siyasah terhadap kepemimpinan Geuchik perempuan di Gampong Cot Mesjid, Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh dibenarkan dalam Islam, karena kepemimpinan perempuan tersebut sudah memenuhi ketentuan dalam Islam seperti pendidikan dan mempunya pengetahuan tentang hukum-hukum Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Wulan Indah Sari
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:46
Last Modified: 01 Mar 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27195

Actions (login required)

View Item
View Item