Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh,

Muslimah Ruza, 180210012 (2023) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh,. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh] Text (Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh)
Muslimah Ruza, 180210012, FTK, PIAUD, 082361169714.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh didapati perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di kelas B yang masih belum terpenuhi, diantaranya didapati anak-anak yang kurang mengenal dan menunjukkan perilaku sopan, hormat, jujur, tolong menolong dan kurang mengenal sikap saling menghargai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh media audio visual terhadap perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat perkembangan moral anak menggunakan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan moral anak sebelum menggunakan media audio visual dengan nilai rata-rata 12 dan perkembangan moral anak setelah menggunakan media audio visual dengan nilai rata-rata 17. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik uji Paired Sample-t Test diperoleh nilai pada sig.(2-tailed) yaitu 0,000<0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Moral, Media Audio Visual
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
000 Computer Science, Information and System > 002 The Book
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Muslimah Ruza Ruza
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:49
Last Modified: 01 Mar 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27198

Actions (login required)

View Item
View Item