Metode Membaca Al-Quran dengan Bahasa Isyarat Pada Anak Tunarungu di Sekolah Menengah Kebangsaan Sultan Abdul Aziz Shah Selangor Malaysia

Muhammad Kamal Mahdi Bin Mohammad Asri, 140303088 (2023) Metode Membaca Al-Quran dengan Bahasa Isyarat Pada Anak Tunarungu di Sekolah Menengah Kebangsaan Sultan Abdul Aziz Shah Selangor Malaysia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Metode Membaca Al-Quran dengan Bahasa Isyarat Pada Anak Tunarungu di Sekolah Menengah Kebangsaan Sultan Abdul Aziz Shah Selangor Malaysia] Text (Metode Membaca Al-Quran dengan Bahasa Isyarat Pada Anak Tunarungu di Sekolah Menengah Kebangsaan Sultan Abdul Aziz Shah Selangor Malaysia)
Muhammad Kamal Mahdi Bin Mohammad Asri, 140303088, FUF, IAT, +60134797915 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan menganalisis teknik pengajaran al-Quran terhadap anak tunarungu di SMK SAAS; 2) untuk mengetahui dan menganalisis panduan terhadap keberhasilan pengajaran al-Quran anak tunarunga, SMK SAAS; 3) untuk mengetahui dan menganalisis kendala dalam pengajaran al-Quran terhadap anak tunarungu, SMK SAAS; untuk mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat keberhasilan pembelajaran al-Quran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk pendekatan deskriptif. Hasil penelitian dilakukan dengan cara mendeskripsikan hal dan metode membaca al-Quran dengan bahasa isyarat pada anak tunarungu di SMK SAAS. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dimulai dengan menganalisis data sebelum ke lapangan, kemudian menganalisis data selama di lapangan dengan tahapan: 1) mereduksi data dengan mencatat atau merekam data yang didapat di lapangan; 2) menyajikan data dengan uraian deskriptif atau teks naratif: 3) menyimpulkan data dengan mengolah data yang didapat dan menarik kesimpulan secara garis besar.
Metode pembelajaran yang digunakan sebagian besar metode tahfiz Akhyar. Faktor pendukung pembelajaran al-Quran di SMK SAAS yakni: 1) ada tersedianya asrama serta bapak/ibu pengasuh yang dapat menampung para pelajar yang menghendaki untuk tinggal di asrama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Kamal Mahdi Bin Mohammad Asri Kamal Mahdi
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:54
Last Modified: 01 Mar 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27201

Actions (login required)

View Item
View Item