Pengelolaan Laboratorium Multifungsi dalam Peningkatan Layanan Praktikum Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Shinta Asarmuna, 180206090 (2022) Pengelolaan Laboratorium Multifungsi dalam Peningkatan Layanan Praktikum Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Layanan Praktikum] Text (Layanan Praktikum)
Shinta Asarmuna, 180206090, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pengelolaan laboratorium merupakan kegiatan mengelola laboratorium untuk memudahkan segala kegiatan yang dilakukan didalam laboratorium. Selain pentingnya mengelola laboratorium dengan baik, layanan praktikum bagi mahasiswa di laboratorium merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan, keberhasilan suatu perguruan tinggi ditentukan juga oleh standar pelayanan yang diberikan, dimana pelayanan yang berkualitas dapat diidentifikasi melalui kepuasan mahasiswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian laboratorium multifungsi dalam meningkatkan layanan praktikum mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala laboratorium, laboran, asisten laboratorium dan mahasiswa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan laboratorium multifungsi dalam meningkatkan layanan praktikum mahasiswa meliputi: perencanaan penyusunan program kerja tahunan dan semester, penyusunan kebutuhan alat/bahan dan infrastruktur laboratorium, penyusunan SOP pengunaan alat dan bahan. (2) mekanisme pelaksanaan dalam meningkatkan layanan praktikum mahasiswa meliputi: menjalankan program kerja tahunan dan semester, mengisi buku harian untuk mengetahui kejadian selama kegiatan praktikum, membersihkan alat/bahan yang selesai digunakan, melaksanakan inventarisasi alat/bahan dan infrastruktur, dan melakukan pemeliharaan alat dan bahan. (3) pengevaluasian laboratorium multifungsi dalam meningkatkan layanan praktikum mahasiswa meliputi: evaluasi terhadap program kerja yang telah dijalankan, evaluasi tata tertib dan evaluasi terhadap keselamatan kesehatan kerja dilaboratorium.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shinta Asarmuna Shinta
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:54
Last Modified: 01 Mar 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27203

Actions (login required)

View Item
View Item