Penerapan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada Materi Memahami Nilai Tasawuf Melalui Tokoh dan Ajarannya di MAN 1 Banda Aceh

Gempar Mahardika, 170201008 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada Materi Memahami Nilai Tasawuf Melalui Tokoh dan Ajarannya di MAN 1 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada Materi Memahami Nilai Tasawuf Melalui Tokoh dan Ajarannya di MAN 1 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada Materi Memahami Nilai Tasawuf Melalui Tokoh dan Ajarannya di MAN 1 Banda Aceh)
Gempar Mahardika, 170201008, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran ¬everone is a teacher here merupakan satu dari sekian banyak model pembelajaran yang ada. Model pembelajaran ini menggunakan metode berupa Student Center Learning (SCL), hal ini berarti siswa menjadi sentral dalam proses belajar mengajar, sementara guru hanya menjadi fasilitator dan juga penengah ketika adanya perbedaan pendapat atau terdapatnya kebuntuan dalam proses diskusi. Model ini lebih menekankan kepada siswa supaya berani dalam mengemukakan pendapat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana hasil wawancara dengan guru terhadap penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here pada materi memahami nilai tasawuf melalui tokoh dan ajarannya di kelas XI- Agama MAN 1 Banda Aceh?. 2. Bagaimana pendapat Guru Mata Pelajaran Akhlak Tasawuf terhadap hambatan dalam menggunakan model everyone is a teacher here di kelas XI-Agama MAN 1 Banda Aceh?. Metode penelitian ini berupa kualitatif berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Hasil dari penelitian ini membuktikan siswa lebih mudah memahami pelajaran, mampu berperan aktif dalam berpendapat, serta bertanggung jawab terhadap tugas yang diperoleh. Faktor penghambat dari model ini ialah sarana dan prasarana serta kebisingan yang terjadi ketika proses pembelajaran berlangsung. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran everone is a teacher here di MAN 1 Banda Aceh telah meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Gempar Mahardika Mahardika
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:01
Last Modified: 01 Mar 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27204

Actions (login required)

View Item
View Item