Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Suku Kata Dengan Media Puzzle Kelas II MIN 46 Bireuen

Cut Sri Mulyani, 170209056 (2023) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Suku Kata Dengan Media Puzzle Kelas II MIN 46 Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Suku Kata Dengan Media Puzzle Kelas II MIN 46 Bireuen] Text (Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Suku Kata Dengan Media Puzzle Kelas II MIN 46 Bireuen)
Cut Sri Mulyani, 170209056, FTK, PGMI, 085267086531.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada kelas II MIN 46 Bireuen menemukan permasalahan pada saat pembelajaran berlangsung yaitu kurangnya kemampuan membaca siswa pada kelas tersebut. Dalam upaya meningkatkan keterampilan membaca yang lebih baik peneliti mencoba menerapkan salah satu metode pembelajaran yaitu metode suku kata dengan media puzzle.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode suku kata dengan media puzzle kelas II MIN 46 Bireuen. (2) Mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode suku kata dengan media puzzle kelas II MIN 46 Bireuen. (3) Mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa melalui metode suku kata dengan media puzzle kelas II MIN 46 Bireueun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian 22 siswa dengan KKM secara Individual 75 dan klasikal 80%. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes lisan, kemudian dianalisis menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 76,25%, meningkat pada siklus II yaitu 86,25%. (2) Aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 79,76%, meningkat pada siklus ke II yaitu 89,28%. (3) Hasil tes membaca pada siklus I yaitu 63.63%, meningkat pada siklus II 81,81%. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode suku kata dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II MIN 46 Bireuen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Sri Mulyani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:09
Last Modified: 01 Mar 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27211

Actions (login required)

View Item
View Item