Analisis Kebisingan Aktivitas Transportasi di Lingkungsn Sekolah Dasar Negeri 20 Banda Aceh

Zeida Isyani, 180702011 (2022) Analisis Kebisingan Aktivitas Transportasi di Lingkungsn Sekolah Dasar Negeri 20 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sound Level Meter] Text (Sound Level Meter)
Zeida Isyani, 180702011, FST, TL, 082210536616.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan penduduk dan pertumbuhan perkotaan sudah membawa perubahan besar di berbagai sistem aktivitas penduduk yang ada di perkotaan. Salah satu sistem yang berubah dengan sangat cepat merupakan sistem transportasi. Peningkatan jumlah kendaraan dapat menimbulkan dampak bagi lingkungan, salah satu dampak yang ditimbulkan adalah meningkatnya kebisingan. Kebisingan ialah suara yang tidak dikehendaki yang berasal dari aktivitas atau usaha yang pada tingkat dan dalam jangka waktu tertentu dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia dan lingkungan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kebisingan kendaraan lalu lintas dan hubungan tingkat kebisingan dengan jumlah kendaraan di SD Negeri 20 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebisingan tertinggi terjadi pada hari Senin dan Jumat di kelas I-1 yaitu sebesar 76,0 dB(A) dan tingkat kebisingan terendah terjadi pada hari Sabtu di kelas IV-2 yaitu sebesar 61,7 dB(A). Hal ini menunjukkan bahwa kebisingan yang terjadi di SD Negeri 20 Banda Aceh melebihi baku mutu. Hubungan antara jumlah kendaraan dan tingkat kebisingan di SD Negeri 20 Banda Aceh adalah R=0,260, maka dinyatakan bahwa memiliki hubungan yang cukup kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Zeida Isyani
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:19
Last Modified: 03 Mar 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27217

Actions (login required)

View Item
View Item