Analisis Kemampuan Guru SMP Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islami Pada Pembelajaran Seni Studi Penelitian di MTsS Darul Ulum Banda Aceh dan SMPIT Al-Fityan Aceh Besar).

Zulkarnaen, 30183834 (2022) Analisis Kemampuan Guru SMP Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islami Pada Pembelajaran Seni Studi Penelitian di MTsS Darul Ulum Banda Aceh dan SMPIT Al-Fityan Aceh Besar). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis  Kemampuan  Guru  SMP  Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islami Pada Pembelajaran   Seni] Text (Analisis Kemampuan Guru SMP Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islami Pada Pembelajaran Seni)
Zulkarnaen, 30183834, PPS, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran seni sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang diajarkan di sekolah harus mampu menjawab tantangan bahwa pendidikan nilai Islam dapat diajarkan melalui pembelajarannya di kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran seni yang selama ini dilaksanakan di sekolah dinilai kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru, proses penerapan dan faktor pendukung serta penghambat dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islami pada pembelajaran seni. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru seni, dan siswa di MTsS Darul Ulum Banda Aceh dan SMPIT Al- Fityan Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islami pada pembelajaran seni: (a) MTsS Darul Ulum Banda Aceh; Guru kesulitan untuk mencari nilai-nilai Islami yang tepat padanannya dengan konsep materi. (b) SMPIT Al-Fityan Aceh Besar; Guru mampu mengkaitkan nilai- nilai Islami dengan menguti referensi hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Proses penerapan yang dilakukan: (a) MTsS Darul Ulum Banda Aceh; pada tahap diskusi guru berupaya mengakaitkan dengan nilai-nilai Islami. (b) SMPIT Al-Fityan Aceh Besar; Guru berupaya menjelaskan poin tentang pesan-pesan akhirat serta ajaran-ajaran Islam. Faktor pendukung diantaranya lingkungan pendidikan yang memadukan pendidikan umum dan pendidikan pesantren sedangkan faktor penghambat tingkat kemampuan guru yang masih kesulitan dalam memadukan materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulkarnaen Zul
Date Deposited: 01 Mar 2023 04:19
Last Modified: 01 Mar 2023 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27219

Actions (login required)

View Item
View Item