Eksistensi Tuhan Dalam Pandangan Intelektual Dayah

Muhammad Furqan, 180301007 (2023) Eksistensi Tuhan Dalam Pandangan Intelektual Dayah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Menjelaskan Tentang Eksistensi Tuhan Dalam Pandangan Intelektual Dayah] Text (Menjelaskan Tentang Eksistensi Tuhan Dalam Pandangan Intelektual Dayah)
2, watermaxs skripsi untuk print setelah revisi untuk cetak (Autosaved) asli (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pembicaraan Tuhan dan keberadaan-Nya menjadi wacana panjang dalam catatan sejarah, menjadikan-Nya sebagai objek utama dalam pembahasan filsafat ketuhanan. Secara filosofis, eksistensi Tuhan membutuhkan dalil atau bukti yang dapat diterima oleh nalar manusia. Dalil inilah yang kemudian menjadi rujukan dalam memaknai hakikat keberadaan Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna eksistensi Tuhan dalam pandangan intelektual dayah serta mengidentifikasi upaya apa saja yang dilakukan intelektual dayah dalam memelihara dan mempertahankan eksistensi Tuhan sekarang dan akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan filosofis jenis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan intelektual dayah tentang eksistensi Tuhan memiliki keseragaman, bahwa Tuhan dimaknai sebagai dzat wajibul wujud yang memiliki keagungan dan kesempurnaan, sebagai pencipta tanpa didahului oleh dur dan tasalsul, Ia adalah puncak dari segala realitas yang ada. Keberadaan-Nya dapat dibuktikan dengan beragam argumen yang ada. Keyakinan terhadap Tuhan perlu diiringi pengakuan dari segi perkataan, perbuatan dan sifat, keberadaan-Nya tidak dapat digapai atau dilukiskan secara visual karena Tuhan berada di luar imajinasi/ekspresi manusia. Sebahagian intelektual dayah melakukan beberapa upaya dalam mempertahankan eksistensi Tuhan dengan melakukan pembangunan pendidikan secara merata dalam segala aspek, membangun kembali semangat belajar mengajar agama, dakwah, menghidupkan kembali khazanah keilmuan, serta mengenalkan sikap berfikir logis dan ideal dalam pengaktifan daya nalar berfikir dengan penuh kebijaksanaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 110 Metaphysics (Metafisika)
200 Religion (Agama) > 201 Mitologi Agama
200 Religion (Agama) > 297.2 Teologi Dokrin Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Muhammad Furqan Furqan
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:15
Last Modified: 02 Mar 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27230

Actions (login required)

View Item
View Item