Penerapan Model Mind Mapping Dan Benda Konkret Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas IV MIN 44 Aceh Besar.

Raudhatul Ulfa, 160209110 (2023) Penerapan Model Mind Mapping Dan Benda Konkret Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas IV MIN 44 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Mind Mapping Dan Benda Konkret  Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata  Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas IV  MIN 44 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Mind Mapping Dan Benda Konkret Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas IV MIN 44 Aceh Besar)
Raudhatul Ulfa, 160209110, FTK, PGMI, 082230167718.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Model Mind Mapping merupakan model belajar dengan menerapkan cara berpikir runtun terhadap suatu permasalahan bagaimana bisa terjadi sampai pada penyelesaiannya. Penggunaan metode dan media pembelajaran Mind Mappping di MIN 44 Aceh Besar berdasarkan hasil survei kurang sesuai dengan materi pada pembelajaran IPS sehingga mengakibatkan siswa kurang paham dengan materi yang diberikan dan berdampak pada hasil belajar dan cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru, pelaksanaan pembelajaran siswa dan guru,dan penilaian hasil pembelajarn siswa pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Mind Maaping dan benda konkret. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 44 Aceh Besar yang berjumlah 16 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 74,03% dan menimgkat pada siklus II dengan persentase 88,88%. Kemudian aktivitas siswa pada si+klus I yaitu 76,92% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 86,11%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 43,75% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dan benda konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN 44 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Mind Mapping, Benda Konkret, pelajaran IPS
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Raudhatul Ulfa
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:33
Last Modified: 02 Mar 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27246

Actions (login required)

View Item
View Item