Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Nawal Azka, 160205129 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Nawal Azka, 160205129, FTK, PMA, 085207834299.pdf] Text
Nawal Azka, 160205129, FTK, PMA, 085207834299.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan syarat untuk memecahkan masalah, artinya jika siswa tidak mampu mengkomunikasikan konsep matematika dengan benar maka ia tidak dapat memecahkan masalah tersebut dengan tuntas dan benar. Kesulitan siswa dalam belajar materi bilangan bulat dan pecahan berhubungan erat dengan kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan konsep bilangan bulat dan pecahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi bilangan melalui model pembelajaran Time Token. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitia ekperimen semu (Quasi Eksperiment) dan menggunakan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi yang diteliti seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Banda Aceh tahun ajaran 2022/2023, dan sampel yang terpilih secara random adalah dua kelas dari kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji-t Karena data pada penelitian ini berupa skala ordinal, maka data diubah ke skala interval menggunakan prosedur MSI. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 6,5023 > 1,671 = ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 8 Banda Aceh yang diajarkan melalui pembelajaran time token lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nawal Azka
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:35
Last Modified: 02 Mar 2023 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27247

Actions (login required)

View Item
View Item