Nurlela, 271 222 951 (2017) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pengembangan Bimbingan Karier di SMAN 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Full text not available from this repository.Abstract
Bimbingan karier merupakan salah satu aspek dari bimbingan konseling yang timbul dari berbagai masalah siswa dalam pengenalan bakat dan minat yang ada dalam diri siswa seperti memahami dirinya, mengenal dunia kerja, dan merencanakan masa depan sesuai yang diharapkannya, serta dapat menentukan pilihan dan mengambil keputusan yang tepat dengan keadaan dirinya. Guru bimbingan konseling berperan dalam penyusunan program layanan bimbingan karier yang dilakukan dengan maksimal dan juga memfasilitasi siswa, serta mengembangkan potensi yang dimiliki siswa secara optimal. Masalah yang terjadi di lapangan bahwasannya siswadi SMANegeri 8 Banda Acehmasih ada beberapa siswa yang kurang memahami tentang bakat dan minat siswa, sementara yang di harapkan di sekolah agar siswa memahami bimbingan karier. hal tersebut dikarenakan guru bimbingan konseling masih kurang memperhatikan kemampuan bakat dan minat siswa.Tujuanpenelitian untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam pengembangan bimbingan karier, dan mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru bimbingan konseling, serta untuk mengetahui upaya-upaya guru Bimbingan Konseling dalam pengembangan bimbingan karier. Penelitian ini bersifat kualitatif, teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis melalui tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah: kepala sekolah, dua orang guru bimbingan konseling, dan 5 orang siswa SMANegeri 8 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingankonseling dalam pengembangan bimbingan karier sangat berperan penting dan aktif dalam proses kegiatan bimbingan karier, dan juga berkerja sama oleh guru bidang studi yang lainnya, sehingga kegiatan program bimbingan karier berjalan dengan lancar. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru bimbingan konseling adalah kurangnya jumlah guru bimbingan konseling, sehingga masalah siswa tidak dapat teratasi secara menyeluruh khususnya masalah karier siswa itu sendiri, dan tidak adanya jam khusus bimbingan konseling khususnya bimbingan karier dengan siswa di kelas, serta upaya-upaya yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam proses bimbingan karier adalah guru bimbingan konseling meminta bantuan kepada semua tenaga kependidikan yang ada di sekolah dalam memberikan angket kepada siswa, agar jurusan yang dipilih siswa sesuai dengan kemampuan bakat dan minat yang ada dalam diri siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Drs.Razali M. Thaib, M.Pd 2.Dr. Murni M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru Bimbingan Konselingdan Bimbingan Karier. |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Marlini Abdurrahman |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 16:45 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 16:45 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2725 |