Analisis Perbedaan Penggunaan Daya Listrik Pada Rumah Tangga 4 Ampere Menggunakan Meteran Prabayar Dan Pascabayar Di Desa Alue Ie Mameh Dalam Pemakaian 1 Bulan

Muhammad Syakir, 170211067 (2023) Analisis Perbedaan Penggunaan Daya Listrik Pada Rumah Tangga 4 Ampere Menggunakan Meteran Prabayar Dan Pascabayar Di Desa Alue Ie Mameh Dalam Pemakaian 1 Bulan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Perbedaan Penggunaan Daya Listrik Pada Rumah Tangga 4 Ampere Menggunakan Meteran Prabayar Dan Pascabayar Di Desa Alue Ie Mameh Dalam Pemakaian 1 Bulan] Text (Analisis Perbedaan Penggunaan Daya Listrik Pada Rumah Tangga 4 Ampere Menggunakan Meteran Prabayar Dan Pascabayar Di Desa Alue Ie Mameh Dalam Pemakaian 1 Bulan)
Muhammad Syakir, 170211067, FTK, PTE, 082252103199.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

PLN memiliki dua alat untuk menghitung pencacatan jumlah KWH meter yang digunakan pelanggan listrik, pada awalnya PLN menggunakan listrik pascabayar, dimana pencacatan KWH meter menggunakan sistem analog, beberapa tahun kebelakang PLN melakukan inovasi terbaru dengan mengeluarkan listrik prabayar, dimana perhitunggan pencacatan KWH menggunakan sistem digital. Dengan adanya listrik prabayar masyarakat masih ragu terhadap listrik prabayar yang lebih mahal dibandingkan dengan listrik pascabayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan penggunaan daya listrik pada pelanggan prabayar dan pascabayar dan tingkat perbedaan biaya listrik pada pelanggan prabayar dan pascabayar di desa Alue Ie Mameh dalam jangkat waktu pemakaian 1 bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method. Objek yang diteliti sebanyak 10 pelanggan prabayar dan 10 pelanggan pascabayar. Instrument yang digunakan berupa wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya tingkat perbedaan penggunaan daya listrik pada rumah tangga menggunakan meteran prabayar dan pascabayar dengan pemakaian daya listrik rata-rata pelanggan prabayar sebesar 1397 watt, dan pada pelanggan pascabayar dengan pemakaian rata-rata daya listrik sebesar 1805 watt. Berdasarkan hasil uji biaya listrik pelanggan prabayar dan pascabayar tidak ada perbedaan yang signifikansi baik dari hasil pengujian dengan menggunakan beban yang sama maupun dari hasil uji hipotesis dari biaya listrik yang dikeluarkan pelanggan prabayar dan pascabayar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Syakir
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:40
Last Modified: 02 Mar 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27250

Actions (login required)

View Item
View Item