Kreativitas Media Mind Mapping Dan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Penerapan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di MAS Darul Ihsan

Reski Dewi Ayu A, 180204068 (2023) Kreativitas Media Mind Mapping Dan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Penerapan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di MAS Darul Ihsan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Reski Dewi Ayu A, 180204068, FTK, PFS, 082304142779.pdf] Text
Reski Dewi Ayu A, 180204068, FTK, PFS, 082304142779.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal terlihat bahwa peserta didik sulit memahami materi yang diajarkan, kurang aktif dalam pembelajaran sehingga proses pembelajaran pada penguasan materi masih sangat kurang yang menyebabkan rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Media Mind Mapping dapat memacu kreativitas sedangkan Contextual Teaching and Learning dapat mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar peserta didik dengan mengunakan media Mind Mapping terhadap penerapan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan Quasy Eksperiment. Penelitian ini dilakukan di MAS Darul Ihsan kelas XI dengan sampel kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan kelas kontrol 20 orang peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas dan hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas dan hukum hooke dengan model pembelajaran media Mind Mapping terhadap penerapan Contextual Teaching and Learning termasuk dalam kriteria sangat baik. Peningkatan kreativitas dengan nilai 88% dengan kategori sangat baik dan peningkatan hasil belajar berdasarkan uji-t nilai signifikan Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Hasil nilai rata-rata peserta didik dengan perhitungan N-gain meningkat sebanyak 69.7 % dengan kategori tinggi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Reski Dewi Ayu A
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:37
Last Modified: 02 Mar 2023 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27253

Actions (login required)

View Item
View Item