Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembagian Zakat Fitrah kepada Ureng woet ie bue dalam masyarakat Kemukiman Lamblang, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar.

Reza Irvandi, 121310012 (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembagian Zakat Fitrah kepada Ureng woet ie bue dalam masyarakat Kemukiman Lamblang, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembagian Zakat Fitrah kepada Ureng woet ie bue dalam masyarakat Kemukiman Lamblang, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar] Text (Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembagian Zakat Fitrah kepada Ureng woet ie bue dalam masyarakat Kemukiman Lamblang, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar)
Reza Irvandi, 121310012, FSH, ES, 085261089050.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang memiliki harta lebih dari kebutuhan pokok bagi dirinya dan bagi orang yang wajib dinafkahinya sebelum shalat idul fittri. Zakat fitrah hanya boleh diberikan kepada delapan golongan yang tersebut dalam al-Qur,an, surat at-Taubah ayat 60 yang ditafsirkan melalui hadits. Masalah timbul ketika pendistribusian mengutamakan Gharimin sebagai mustahiq zakat fitrah karena besar kemungkinan mustahiq yang lain terzalimi terlepas dari kemaslahatan yang didapat dari keputusan bersama untuk memenuhi kebutuhan makanan orang fakir berbuka puasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan tentang Bagaimana ketentuan hadits tentang penentuan gharimin sebagai mustahiq zakat fitrah, Bagaimana praktek masyarakat Kemukiman Lamblang memberikan zakat fitrah kepada ureung woet ie bue, Bagimana pendapat Ulama Kemukiman Lam Blang tentang praktek pemberian zakat fitrah kepada ureung woet ie bue. Untuk menyelesaikan penelitian ini penulis mendeskripsikan dan menganalisa data yang telah terkumpul baik data primer maupun data sekunder. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu gambaran pembahasan suatu masalah secara menyeluruh. Adapun tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data primer yaitu dengan mewancarai responden secara terstruktur dan mengoservasi dilapangan. Adapun tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data sekunder adalah dengan cara menalaah dan membaca kitab-kitab, buku-buku, dan website yang berkenana dengan ruang lingkup penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek masyarakat di Kemukiman Lam Blang tidak bertentangan dengan ketentuan hadits mustahiq zakat fitrah tentang gharimin karena pengertian tentang gharimi tidak terbatas pada kepentingan pribadi melainkan berhutang untuk kepentingan umum juga dapat digolongkan kedalam gharimin. pendistribusian zakat fitrah dengan mengutamakan hak golongan gharimin untuk melunasi utang ureung woet ie bue hendaknya dgrdffipertimbangkan kembali karena ada kemungkinan mustahiq yang lain terzalimi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mustahiq, dan Gharimin
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Reza Irvandi
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:02
Last Modified: 02 Mar 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27257

Actions (login required)

View Item
View Item