Kebangkitan Usaha Sovenir Khas Aceh Setelah Mendapatkan Dukungan Dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut) Aceh Besar (Studi Gampong Dayah Daboh Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar)

Muhayibatun Humaira, 180404043 (2023) Kebangkitan Usaha Sovenir Khas Aceh Setelah Mendapatkan Dukungan Dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut) Aceh Besar (Studi Gampong Dayah Daboh Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kebangkitan Usaha Sovenir Khas Aceh Setelah Mendapatkan Dukungan Dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut) Aceh Besar (Studi Gampong Dayah Daboh Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar)] Text (Kebangkitan Usaha Sovenir Khas Aceh Setelah Mendapatkan Dukungan Dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut) Aceh Besar (Studi Gampong Dayah Daboh Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar))
Muhayibatun Humaira, 180404043, FDK, PMI, 082286770844.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

PLUT-KUMKM memiliki peran yang cukup besar dan strategis bagi pengembangan ekonomi masyarakat menengah kebawah khususnya kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Melalui pembinaan dan pengembangan Industri Rumah Tangga ini diharapkan akan menjawab berbagai persoalan ekonomi masyarakat kelas menengah ke-bawah. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak para pengusaha kecil, khususnya para pegiat pengrajin di Gampong Dayah Daboh yang masih perlu bimbingan dan pendampingan oleh PLUT-KUMKM sehingga persoalan pengembangan ekonomi Rumah Tangga masih menjadi persoalan serius bagi pengembangan ekonomi masyarakat di Gampong Dayah Daboh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Dalam pengambilan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang pada teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLUT-KUMKM telah melakukan pembinaan dan pengarahan secara baik dan membagikan tanggung jawab kepada setiap konsultan pada setiap bidang agar dapat memberikan pengarahan yang lebih jelas. Tantangan yang dihadapi oleh PLUT-KUMKM dan konsultan adalah para pelaku usaha yang belum terlalu peduli dengan legalitas usaha dan profil usaha, kurangnya peralatan kerja dan kurang paham dalam mengakses aplikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhayibatun Humaira
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:00
Last Modified: 02 Mar 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27261

Actions (login required)

View Item
View Item