Kajian Penerapan Konsep Arsitektur Ikonik Pada Kantor Pemerintahan (Studi Kasus Kantor Walikota Banda Aceh )

Uswaton Hasanah, 170701174 (2022) Kajian Penerapan Konsep Arsitektur Ikonik Pada Kantor Pemerintahan (Studi Kasus Kantor Walikota Banda Aceh ). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kajian Penerapan Konsep Arsitektur Ikonik Pada Kantor Pemerintahan (Studi Kasus Kantor Walikota Banda Aceh )] Text (Kajian Penerapan Konsep Arsitektur Ikonik Pada Kantor Pemerintahan (Studi Kasus Kantor Walikota Banda Aceh ))
Uswaton Hasanah , 170701174, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kota Banda Aceh merupakan sebuah kota yang dikenal dengan nilai sejarah yang tinggi, nilai-nilai tersebut banyak diterapkan pada bangunan yang telah ada di Banda Aceh. Salah satu bangunan pemerintah yang tampak asing dari yang lain yaitu kantor pemerintahan Walikota Banda aceh. Berdasarkan data yang penulis dapatkan Kantor Walikota Banda Aceh berupaya menerapkan prinsip Arsitektur Ikonik hanya saja masih belum begitu maksimal. Sehingga membuat bangunan ini tampak berbeda dari bangunan pemerintahan lainnya. Maka dari itu penulis perlunya melakukan penelitian tentang konsep Arsitektur Ikonik agar mengetahui apakah benar kantor Walikota Banda Aceh sudah menerapakan konsep Arsitektur Ikonik dan ciri-ciri karakteristik yang bagaimana yang sudah diterapkan. Sedangkan, metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yang menjabarkan kondisi eksisting dan analisis bagaimana penerapan konsep Arsitektur Ikonik yang sudah diterapkan pada kantor Walikota Banda Aceh. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kantor Walikota Banda Aceh belum dapat disebutkan sebagai bangunan Ikonik, karena pada bangunan Kantor Walikota Banda Aceh belum menerapkan karakteristik ikonik. Diantaranya: Tidak memiliki skala bangunan yang relative besar dan cenderung megah, tidak memiliki bentuk yang atraktif dan menarik, tidak memiliki unsur kekuatan besar sehingga memiliki umur yang panjang, serta terletak pada lokasi yang tidak strategis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Uswaton Hasanah Uswaton
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:11
Last Modified: 02 Mar 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27263

Actions (login required)

View Item
View Item