Permainan Tam-tam Buku Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B TK Qurratun’uyun Aceh Selatan

Idalaily, 170210099 (2022) Permainan Tam-tam Buku Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B TK Qurratun’uyun Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Permainan Tam-tam Buku Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B TK Qurratun’uyun Aceh Selatan] Text (Permainan Tam-tam Buku Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B TK Qurratun’uyun Aceh Selatan)
Idalaily, 170210099, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan dalam memahami dan berinteraksi secara baik dengan orang lain.Secara sederhana anak yang memiliki kecerdasan interpersonal memiliki ciri-ciri sebagai berikut: mengetahui aturan dalam bermain, bersosialisasi dengan teman sebaya, tertib menanti giliran dalam bermain, mempunyai rasa empati, bekerja sama, berbagi rasa(senang/sedih), menjalin kontak, memotivasi orang lain. Kecerdasan interpersonal anak di TK Qurratun’uyun Aceh Selatan masih kurang, dalam hal bermain, bersosialisasi dengan teman sebaya, tertib dalam bermain, menjalin kontak, bekerjasama, dan menjalin kontak. Penelitian ini bertujuan untuk melihatpengaruh dari permainan tam-tam buku terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal anak kelompok B TK Qurratun’uyun Aceh selatan.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain sone group pretest posttest.Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yaitu kelompok B yang berjumlah 11 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat kecerdasan interpersonal anak melalui permainan tam-tam buku.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung =8,308 dan ttabe l=1,81dengan derajat kebebasan dk=10 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung≥ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kesimpulannya adalah ada pengaruh permainan tam-tam buku terhadap kecerdasan interpersonal anak kelompok B Tk Qurratu’uyun Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Idalaily Idalaily
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:17
Last Modified: 02 Mar 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27265

Actions (login required)

View Item
View Item