Implementasi Program Beras Miskin Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Ekonomi Islam ( Studi Pada Masyarakat Desa Paloh Teungoh Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie)

Mulya Fitri, 150602106 (2022) Implementasi Program Beras Miskin Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Ekonomi Islam ( Studi Pada Masyarakat Desa Paloh Teungoh Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi  Program  Beras  Miskin   Dalam  Upaya Meningkatkan Kesejahteraan    Masyarakat  Menurut   Ekonomi  Islam ( Studi  Pada Masyarakat    Desa  Paloh Teungoh  Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie)] Text (Implementasi Program Beras Miskin Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Ekonomi Islam ( Studi Pada Masyarakat Desa Paloh Teungoh Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie))
Mulya Fitri, 150602106, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Program beras miskin merupakan program bantuan beras bersubsidi dari pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau Rumah Tangga Sasaran (RTS), sebagai bentuk upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahan pangan dan memberikan perlindungan sosial, masing-masing keluarga akan menerima minimal 10 kg/KK/bulan dititik distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program beras miskin di Desa Paloh Teungoh Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie dalam mengatasi penanggulangan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif Islam. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi program beras miskin di Desa Paloh Teungoh belum dapat dikatakan sejahtera. Karena keberhasilan program beras miskin ini tercapainya indikator 6T yaitu tepat sasaran, tepat harga, tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas dan tepat administrasi. Sedangkan penyaluran beras miskin di Desa Paloh Teungoh belum memenuhi ke enam indikator tersebut. Jika ditinjau dari perspektif Islam juga belum dapat dikatakan sejahtera karena tidak memenuhi nilai-nilai dasar ekonomi Islam yaitu keadilan dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mulya Fitri Mulya
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:41
Last Modified: 03 Mar 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27266

Actions (login required)

View Item
View Item