Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SlTA Kota Banda Aceh

Munzahri, 29173535 (2023) Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SlTA Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SlTA Kota Banda Aceh] Text (Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SlTA Kota Banda Aceh)
Munzahri, 29173535, Pascasarjana, PAI, 085262680742.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan diluar jam pelajaran yang disusun dengan kebutuhan pengetahuan, pengembangan, bimbingan dan pembiasaan siswa agar memiliki pengetahuan dasar penunjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengembangan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SLTA Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka hasil yang didapatkan adalah bahwa implementasi pengembangan karakter melalui kegiatan ektrakurikuler keagamaan yang diadakan oleh SLTA Kota Banda Aceh adalah doa bersama sebelum memulai pelajaran, shalat wajib berjama’ah, kegiatan doa bersama, program baca tulis al-Qur’an, kegiatan hari besar Islam, program Jum’at berbagi. Adapun faktor pendukung pengembangan karakter melalui kegiatan ektrakurikuler keagamaan meliputi adanya dukungan dari guru, kepala sekolah, dan sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan penghambat dalam kegiatan tersebut tentunya ada seperti masih terdapat sebagian siswa yang tidak mengikuti kegiatan tersebut dan juga sebagian sarana prasarana yang belum memadai jika ada kegiatan yang lebih besar seperti isra’ mi’rat dan peringatan maulid Nabi Saw.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munzahri Munzahri
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:27
Last Modified: 02 Mar 2023 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27267

Actions (login required)

View Item
View Item