Pembelajaran Fisika dengan Model PBI (Problem Based Intruction) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa SMPN 18 Banda Aceh pada Materi Pesawat Sederhana

Fara Mutia, 251222803 (2017) Pembelajaran Fisika dengan Model PBI (Problem Based Intruction) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa SMPN 18 Banda Aceh pada Materi Pesawat Sederhana. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor guru dan siswa. Guru harus mampu menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi sehingga siswa aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Judul penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan model PBI (Problem Based Instruction) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMPN 18 Banda Aceh pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pembelajaran fisika dengan model PBI untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMPN 18 Banda Aceh pada materi pesawat sederhana; 2) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran fisika dengan model PBI pada materi pesawat sederhana. Jenis Penelitian ini adalah true eksperimen dengan design pretest-posttest control group desain yang melibatkan kelas eksperimen (VIII3) dan kelas kontrol (VIII4). Data dikumpulkan melalui lembar observasi, angket dan soal tes. Data dari angket dianalisis menggunakan analisis deskriprif (persentase) sedangkan hasil tes dianalisis dengan rumus uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan proses sains siswa pada materi pesawat sederhana memenuhi kriteria baik, (2) siswa menyatakan sangat setuju atau senang terhadap model pembelajaran PBI pada materi pesawat sederhana sebesar 59%, Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa setelah diajarkan dengan model PBI di dapat thitung > ttabel yaitu 6,20 > 1,671. Kesimpulan dari hasil penelitian ini keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran PBI lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan tidak menerapkan model PBI dan respon siswa terhadap model pembelajaran PBI sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ridhwan, M.Si 2.Arusman, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model PBI, Keterampilan Proses Sains, Pesawat Sederhana
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 02 Mar 2018 17:04
Last Modified: 06 Jun 2018 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2727

Actions (login required)

View Item
View Item