Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Winda Fetriani, 180209112 (2023) Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 26 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 26 Aceh Besar)
Winda Fetriani, 180209112, FTK, PGMI, 082286767641.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran pada tiap pembelajaran perlu disesuaikan dengan kondisi kelas dan peserta didik guna mencapai tujuan akhir pembelajaran, dalam kondisi peneliti disini dapat diterapkannya model discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya model discovery learning dalam pembelajaran tematik. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi dan tes. Setelah data dianalisis peneliti memperoleh hasil yang menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru meningkat pada tiap siklusnya selama proses pembelajaran selama menerapkan model discovery learning. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik terdapat peningkatan pada tiap siklusnya selama menerapkan model pembelajaran discovery sehingga model ini cocok diterapkan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tematik. (3) Hasil belajar siswa setelah diterapkannya model discovery dalam pembelajaran terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II dan ke siklus III dengan kategori di akhir siklus sangat baik. Sehingga dalam pembelajaran tematik model ini dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Winda Fetriani
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:26
Last Modified: 03 Mar 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27272

Actions (login required)

View Item
View Item